-->

Komputer Tercepat Ada di China


China Ciptakan Tianhe-2, Komputer Tercepat Di Dunia

Posted by Hamzah fansyuri 14




Tianhe-2, Komputer tercepat di dunia saat ini.

Ada yang pernah membayangkan siapa yang memiliki kecanggihan teknologi dengan kecepatan paling super di dunia. Beberapa waktu yang lalu China berhasil menobatkan inovasi teknologi super cepat di dunia dengan nama Tianhe-2.


Komputer ciptaan China ini dinobatkan sebagai komputer tercepat setelah Titan milik Departemen Energi AS yang selama ini dianggap sebagai komputer tercepat di dunia. Tianhe-2 ini mengklaim mampu membuat 33.860 triliun kalkulasi per-secound.


Teknologi komputer Titan milik Amerika memiliki kemampuan 17,59 petaflot per-secound atau setara dengan 17.590 triliun per-secound untuk melakukan kalkulasi. Sebagai bahan perbandingan dengan manusia, otak manusia mampu menghasilkan hanya 10-20 petaflot per-secound atau separuh dari kemampuan kalkulasi yang dihasilkan oleh Tianhe-2.


Tianhe-2 yang berarti Bima Sakti-2 ini adalah teknologi yang dikembangkan di Universitas Teknologi Pertahanan, kota Changsa, China. Tianhe-2 ini adalah sebuah pengembangan dari pendahulunya, Tianhe-1A yang juga pernah dinobatkan sebagai komputer tercepat di dunia pada bulan November 2010 yang kemudian digeser oleh Komputer K buatan Jepang beberapa bulan setelah Tianhe-1A dalam daftar yang dilansir oleh TOP500.


Dengan melahirkan Tianhe-2 ini secara tidak langsung China telah membuktikan bahwa pemanfaatan ekonomi negaranya untuk dipergunakan membiayai berbagai riset teknologinya.


Sebagai perangkat pendukungnya, Tianhe-2 hanya menggunakan Intel sebagai prosesornya. Namun secara keseluruhan perangkat yang ditanamkan pada komputer Tianhe-2 ini diciptakan di China.


Namun sehebat apapun Tianhe-2, komputer ini tidak lebih canggih dengan otak manusia yang memiliki kemampuan pemrosesan data secara paralel dalam waktu yang bersamaan. Kecanggihan ini terlihat bahwa dengan hanya dengan perintah yang dilakukan oleh otak manusia bisa menggerakkan dan mengoperasikan berbagai jaringan syaraf dalam yaktu yang bersamaan.


Sementara komputer yang diciptakan manusia, hanya bisa melakukan satu perhitungan dalam waktu yang bersamaan.

Note: Only a member of this blog may post a comment.